Khasiat Dan Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil)

Khasiat Dan Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil)
Khasiat Dan Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil)
Khasiat Dan Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) - Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai manfaat VCO atau Virgin Coconut Oil atau Minyak Kelapa Murni. Minyak kelapa umumnya mempunyai cap buruk karena mengandung lemak jenuh yang tinggi. Namun, sebetulnya terdapat berbagai macam manfaat dari minyak kelapa itu sendir, khususnya jenis minyak kelapa murni yang disebut sebagai virgin coconut oil (VCO). Berbeda dengan yang namanya minyak sayur, VCO yang mengandung 92% asam lemak rantai sedang ini  bisa terus diserap melalui dinding usus setelah sampai di saluran cerna, proses ini berlangsung lebih cepat karena tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatik. Selanjutnya langsung dipasok masuk kedalam aliran darah dan langsung dibawa kedalam organ hati untuk dimetabolisir. Didalam hati minyak VCO diproses menjadi energi saja, bukan kolesterol dan timbunan lemak, energi tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi semua kelenjar endoktrin, organ dan jaringan dalam tubuh. VCO juga dapat digunakan pada berbagai jenis makanan atau digunakan untuk mempercantik rambut serta kulit. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat VCO untuk kesehatan yang saya rangkum dari berbagai sumber : Baca Juga Khasiat Dan Manfaat Minyak VCO Untuk Kesehatan



Harga VCO
Rp. 95 ribu/liter
Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim

Pemesanan hub Bp. Abdulah Sani, ST
SMS/WA: 0812 8999 9785


1. Asam Laurat
VCO mengandung hampir 50 persen asam laurat, bahkan dalam kandungan VCO yang kami produksi mengandung 60,5 persen asam laurat, yaitu suatu asam lemak rantai sedang dengan berbagai manfaat kesehatan. ASI merupakan sumber penting lain dari asam laurat.

2. Antimikroba
Karena kandungan asam laurat yang tinggi yang terdapat dalam VCO, maka VCO memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Tubuh mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang bertanggung jawab sebagai penghancur virus.
Minyak VCO juga dipercaya memperlambat pertumbuhan virus pada pasien HIV / AIDS.

3. Sistem kekebalan tubuh
Asam laurat yang ditemukan dalam ASI membantu bayi untuk melawan infeksi. Asam laurat yang terkandung dalam VCO juga mampu memperkuat sistem imunitas tubuh sehingga tubuh lebih terlindung terhadap penyakit karena faktor kekebalan tubuh yang tinggi. Karena diet orang dewasa umumnya rendah dalam asam laurat, VCO merupakan sumber yang mudah dan ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kolesterol baik
VCO dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sambil berusaha peningkatan HDL atau kolesterol baik. Sebuah studi tahun 1980 yang dilakukan oleh Dr Hostmark menunjukkan bahwa tikus yang makan 10 persen VCO menghasilkan lebih sedikit kolesterol buruk dan lebih banyak kolesterol baik dibanding tikus yang makanannya terdiri dari 10 persen minyak bunga matahari.

5. Antibiotik super
Efek dari pengobatan modern adalah munculnya strain bakteri yang tahan terhadap antibiotik. Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan oleh Georgetown University menunjukkan bahwa asam laurat dalam VCO mampu mengobati infeksi bakteri pada tikus lebih baik dari antibiotik biasa.

6. Baik Untuk ibu hamil dan menyusui
Anjuran orang tua zaman dulu kala untuk mengonsumsi minyak kelapa, ada benarnya karena minyak kelapa memiliki kandungan yang luar biasa. Selain mematikan berbagai mikroorganisme berbahaya kandungan MCFA ((asam laurat, asam kaprilat,asam kaprat,asam oleat, asam miristat,asam palmitat)  dalam minyak VCO juga memberikan energi yang dibutuhkan saat bayi mau lahir. Beberapa pengalaman menyebutkan bahwa mengkonsumsi VCO saat hamil memberikan pengaruh yang sangat baik untuk bayi, bukan saja saat di dalam kandungan bayi lebih sehat, namun ketika lahir bayi dalam keadaan bersih dan sehat. Selain itu VCO membuat produksi ASI menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas.

7. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Penelitian menunjukkan adanya hubungan penyakit jantung dan pembuluh darah & infeksi virus / bakteri yang akan menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah.. Karena VCO bersifat antibakteri / anti virus maka dapat membantu mencegah pembentukan plak dengan cara membunuh mikroorganisme sebagai pencetus timbulnya plak.

Selain itu, salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol darah yang tinggi. Penumpukan kolesterol disebabkan konsumsi lemak yang berlebihan dalam menu sehari-hari sehingga kelebihannya disimpan dalam tubuh. Dalam VCO terdapat MCFA yang mudah dimetabolisme untuk menghasilkan energi tidak ditimbun sebagai lemak tubuh. Selain itu konsumsi rutin VCO juga mencegah terjadinya pengentalan darah (akibat agregasi trombosit) dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

8. Osteoporosis
Osteoporosis adalah merupakan penyakit degeneratif akibat kekurangan kalsium sehingga tulang menjadi keropos. Osteoporosis dapat disebabakan oleh radikal bebas yang teroksidasi pada proses pembentukan tulang. Radikal bebas dapat diatasi oleh kandungan lemak jenuh yang terkandung dalam VCO. Asam lemak dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan sehingga akan melindungi tulang dari radik al bebas perusak tulang.

Adapun Salah satu antioksidan dalam VCO adalah senyawa sterol. Zat ini seperti lemak dan bermanfaat dalam pembentukan pregnenolon. Adapun fungsi dari senyawa sterol antara lain untuk memproduksi progesteron bagi wanita. Dan Bagi wanita ketersediaan progesterone mempunyai posisi yang sangat penting. Karena ketidakseimbangan jumlah progesteron dan estrogen akan dapat menyebabkan osteoporosis. Mengkonsumsi minyak VCO juga sagat bagus untuk membantu proses penyerapan mineral penting yang dibutuhkan bagi tulang yaitu kalsium dan magnesium.

9. Diabetes Mellitus atau Kencing Manis
Diabetes melitus biasa juga disebut sebagai penyakit kencing manis. Penyakit kencing manis dapat terjadi akibat menumpuknya glukosa di dalam darah, sehingga glukosa dikeluarkan bersama air kencing saat buang air kecil. Dalam kondisi seperti ini produksi insulin dari pankreas menurun sehingga mengakibatkan metabolisme terganggu. Hal ini dapat menyebabkan glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga konsentrasi glukosa dalam darah meningkat. Tumpukan glukosa tersebut tidak bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu energi dan pada akhirnya dibuang bersama urin melalui saluran kencing. Insulin berfungsi mengubah glukosa menjadi energi untuk kebutuhan sel. Glukosa dalam darah tidak bisa langsung digunakan sebagai energi, tetapi harus ditransfer terlebih dalu ke dalam sel melalui suatu proses oksidasi di dalam sel. Selain itu insulin juga mengubah glukosa menjadi bentuk energi cadangan atau glikogen dan lemak. Jika glukosa dalam darah berlimpah maka akan diubah mejadi glikogen dan disimpan di dalam hati dan otot. Sementara itu lemak disimpan di dalam jaringan lemak tersendiri. Kandungan MCFA dalam VCO dapat merangsang produksi insulin sehingga dapat membantu proses perubahan glukosa menjadi bentuk energi untuk sel. Selain daripada itu, VCO tidak membutuhkan insulin untuk dapat dibakar yang berguna untuk menghasilkan energi, sehingga hal ini sangat menguntungkan penderita penyakit diabetes atau kencing manis yang telah mengalami kekurangan kadar insulin dalam tubuh. Pada saat VCO dibakar ikut dibakar pula glukosa dan lemak yang sebelumnya telah tertumpuk, sehingga kadar gula di dalam darah menjadi relatif normal.

10. Liver
Virus hepatitis adalah suatu virus yang memiliki selubung lemak pada bagian luarnya sehingga sangat sulit ditembus oleh obat. Struktur asam lemak jenuh rantai sedang yang terdapat pada VCO memiliki struktur sangat mirip selubung lemak virus sehingga minyak VCO bisa menembus masuk dan membunuh virus hepatitis. Selain daripada itu VCO juga dapat mencegah kerusakan sel hati yang diakibatkan oleh radikal bebas yang disebabkan oleh adanya virus, Obat atau alkohol karena VCO memiliki efek sebagai antioksidan.

11. Mencegah Kanker
Karena minyak VCO memiliki efek antibakteri yang bagus maka sel darah putih yang tersedia cukup untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak VCO menghambat pertumbuhan sel kanker penyebab kanker kolon dan payudara. Selain itu VCO mempunyai sifat antioksidan yang mampu mencegah pembentukan radikal bebas pemicu tumbuhnya kanker dan VCO membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga membantu proses penyembuhan.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan
MCFA yang ada di dalam VCO dapat langsung masuk dan diserap kedalam aliran darah dan kemudian diubah menjadi energi sehingga tidak ditumpuk dalam badan. Pada saat VCO dibakar ikut dibakar juga asam lemak jenuh rantai panjang (LCFA) sehingga lemak yang ditumpuk menjadi berkurang dan berat badan akan turun. Selain itu minyak VCO juga memberikan energi dengan cepat. Hal inilah yang menimbulkan rasa cepat kenyang dan tidak merasa lapar sampai tiba saatnya waktu makan. Proses pembakaran akan menimbulkan suhu badan menjadi lebih tinggi sehingga proses metabolisme tubuh semakin meningkat dan terjadi pembakaran cadangan lemak dalam tubuh.

13. Menambah Stamina
Pada saat daya tahan tubuh menurun, maka tubuh akan mengalami kelelahan fisik yang ditandai dengan lemah otot, sakit kepala, infeksi yang hilang dan timbul, demam, rasa lelah yang luar biasa dan pembengkakan kelenjar tubuh, maka VCO memberi energi yang cepat dan akan menambah tenaga serta meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh dapat memulihkan dirinya sendiri.

14. Memelihara Kesehatan Kulit
VCO mempunyai kandungan pelembab alamiah dan dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan sangat baik digunakan untuk kulit yang kering, kasar dan bersisik. VCO juga mengandung asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah meresap ke dalam lapisan kulit dalam dan mempertahankan kulit dalam keadaan lentur dan kenyal. Minyak VCO juga bersifat antijamur dan antibakteri alamiah sehingga mampu membantu mencegah dan mengobati infeksi kulit, termasuk di dalamnya infeksi jamur kulit, eksim, bisul, jerawat, dan lain sebagainya.

15. Memelihara Kesehatan Rambut
Karena molekul minyak VCO sangat kecil, maka dapat meresap ke dalam batang rambut dan mempertahankan kadar protein dalam rambut serta membuat rambut terlihat lebih bercahaya dan sehat. Minyak VCO juga mengandung pelembab alamiah sehingga menjaga kelembaban dan mencegah kekeringan pada rambut. Minyak VCO mempunyai efek antijamur sehingga baik untuk mencegah dan mengobati ketombe akibat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Reaksi Awal yang akan tibul Jika Anda Mengkonsumsi VCO
Biasanya reaksi awal yang terjadi pada saat mengkonsumsi VCO yaitu berupa perut menjadi mulas sampai diare. Namun, pada saat itu konsumsi sebaiknya diteruskan dengan cara mengurangi dosisnya dan dengan berjalannya waktu reaksi seperti ini akan menjadi berkurang dan menghilang dengan sendirinya. Disarankan untuk mengkonsumsi minyak VCO secara teratur, minimal 1 bulan untuk melihat efek positifnya. Di sadur dari berbagai referensi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat dan khasiat minyak VCO. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang berikhtiar mencari alternatif terapi dari penyakit yang anda derita

#Manfaat VCO      #Khasiat VCO    #Virgin Coconut Oil

#Minyak Kelapa Murni

Related Posts: